Cerita tentang Praktikum 1 PENKOM

Hari Kamis 12 Februari 2015 adalah hari yang paling saya tunggu-tunggu di pekan pertama semester 2. Kenapa? Sederhana saja karena hari itu adalah jadwal interdept pertama bagi saya dan para mahasiswa Statistika 51 lainnya. Tempatnya di Cyber Singkong di kawasan LSI kami semua bertemu untuk bersama-sama melaksanakan praktikum 1 Penerapan Komputer (PENKOM). Akan tetapi separuh dari mahasiswa/i Statistika bisa dibilang sedikit kecewa karena tempat praktikum mereka ternyata bukan di Cyber Singkong, melainkan di Cyber Merpati. NIM G14140001 sampai G14140041 termasuk saya praktikum di Cyber Singkong, sedangkan sisanya di Cyber Merpati.

Setibanya saya di ruang A Cyber Singkong, saya cukup tertegun melihat sedemikian banyak perangkat komputer yang dibalut dengan kenyamanan ruangan sejuk ber-AC. Di sana telah menunggu seorang lelaki yang ternyata adalah asisten praktikum (asprak) saya dan teman-teman, namanya Rizky Eka Yulando dari departemen Matematika. Ia akan menemani dan membimbing kami selama satu semester praktikum PENKOM. Dengan koneksi internet yang bisa dibilang cukup lambat, Kak Ando memulai kegiatan dengan menginstruksikan untuk kembali mengaktifkan blog student IPB kami. Pada pertemuan pertama tersebut, kami diajarkan bagaimana caranya nge-blog, yaitu seperti apa ketika ingin memposting suatu artikel, mengaktifkan dan menyesuaikan tema blog, membuat dan mengedit page, dan memasukkan gambar, serta bahkan kami diajarkan mengenai teknis pembuatan artikel. Tak jarang saya merasa kesal karena koneksi yang lambat, tetapi tetap saya mengikuti kegiatan praktikum pertama PENKOM tersebut dengan serius dan semangat. Alhasil, saya setidaknya mengerti secara umum dasar-dasar cara nge-blog. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian tugas oleh Kak Ando serta kami diperintah untuk mengisi database PENKOM dan membuat blog pribadi yang semuanya ini tidak terlepas dari keperluan praktikum PENKOM.

Leave a comment